Profil

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalaamu’alaikum. Wr. Wb.

Segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pendidikan profesi kesehatan di lingkungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY meliputi pendidikan kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan dan farmasi, masing-masing terdiri dari 2 tahapan pendidikan yaitu tahap akademik dan tahap profesi. Dalam pencapaian kompetensi lulusan, dosen dan pengelola Fakultas dan Prodi tidak hanya fokus pada pengetahuan dan keterampilan saja. Kompetensi sikap dan perwujudan nilai-nilai Islam dalam berinteraksi dengan pasien atau klien perlu diajarkan dan dilatihkan sejak awal pendidikan tahap akademik.Kompetensi sikap dan nilai-nilai islam tidak cukup diujikan pada saat ujian praktik keterampilan klinik dengan integrasi Islam atau OSCE-I (Objective Structure Clinical Evaluation–Islam), lebih penting adalah internalisasi dalam pengelolaan pasien/klien sepanjang pendidikan tahap profesi. Adanya Pusat Studi Kedokteran Islam (PSKI) sangat penting dalam mengawal perwujudan nilai-nilai Islam pada keilmuan dan kehidupan sehari-hari baik pada mahasiwa, dosen dan semua civitas akademika di lingkungan FKIK.

Dengan kemajuan teknologi informasi (TI), pendidikan kedokteran dan kesehatan mengalami perubahan yang dinamis baik dari sisi kebijakan pendidikan dan implementasinya (uji kompetensi secara online, internship, dll). Pendekatan pembelajaran lebih ke arah blended learning (kombinasi tatap muka di kelas dan melalui internet). Kurikulum tahap akademik prodi kesehatan FKIK semuanya berbentuk blok dan terdapat integrasi Islam dalam keilmuan. Metode pembelajaran dalam sebagian blok berbasis internet termasuk penugasan dan diskusi.

Web FKIK ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang FKIK UMY, 8 program studi didalamnya, kurikulum, PSKI, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, fasilitas, kegiatan akademik serta non akademik lainnya. Keberadaan web ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperlancar studinya melalui inovasi pembelajaran melalui els (electronic learning system). Profil dan interes setiap dosen dapat dipelajari dan menjadi pertimbangan dalam pemilihan topik atau judul skripsi mahasiswa. Kegiatan-kegiatan ilmiah seperti workshop, seminar atau pelatihan juga dapat dengan mudah diketahui oleh mahasiswa dan masyarakat melalui web. Melihat sisi positif ini para mahasiswa dan dosen diharapkan secara lebih aktif dalam mengakses informasi melalui web dan berkontribusi maksimal dalam pembelajaran berbasis TI sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

Pembelajaran inter profesi atau inter professional education (IPE), juga dikembangkan secara formal dan terstruktur di FKIK UMY baik pada tahap sarjana maupun profesi, dalam rangka membekali mahasiswa dengan kompetensi team work dan leadership. IPE yang menjadi salah satu program unggulan ini erat kaitannya dengan keselamatan pasien (patient safety). Di era patient centered care (PCC) ini, pengelolaan pasien berfokus pada kebutuhan pasien dan dilakukan secara kolaboratif, sehingga kompetensi team work, komunikasi interprofesi dan leadership sangat dibutuhkan.

Akhir kata, marilah semua civitas akademika FKIK UMY merespon tantangan perubahan dalam pendidikan baik nasional maupun internasional secara positif dengan beradaptasi secepatnya, meningkatkan kapasitas masing-masing demi memajukan FKIK UMY. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Aamiiin ya Robbal ‘aalamiin

Wassalaamu’alaikum.Wr.Wb.

 

Persyarikatan Muhammadiyah yang berkhidmat dalam dakwah di bidang pendidikan dan kesehatan, membutuhkan tenaga kesehatan, terutama dokter untuk menggerakkan lembaga pelayanan kesehatan yang tersebar di seluruh Nusantara. Oleh karena itu bulan Maret tahun 1993, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendirikan Fakultas Kedokteran UMY untuk mendidik calon dokter. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga kesehatan lain di masyarakat, maka berdiri Program Studi Ilmu Keperawatan tahun 2000, Kedokteran Gigi tahun 2004 dan Farmasi tahun 2010. Dengan beragamnya Prodi yang dimiliki, maka Fakultas Kedokteran UMY beralih nama menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan program pendidikan Kedokteran menjadi Prodi dibawah FKIK UMY pada tahun 2010.

Pada tahun 2002 Program Pendidikan Kedokteran FK UMY telah terakreditasi oleh BAN PT Dikti Depdiknas dengan Klasifikasi Akreditasi B. Tahun 2015 kembali meraih akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Berdasarkan hasil akreditasi terkini tersebut, Program Studi Kedokteran (Sarjana) memiliki Klasifikasi Akreditasi B, sedangkan Program Studi Profesi Dokter (Profesi) memiliki Klasifikasi Akreditasi A.

Berbagai program hibah yang sangat membantu perkembangan FK maupun FKIK UMY adalah Program Hibah Kompetisi A2 dari Dikti, Hibah K1 Inherent untuk pengembangan teknologi informasi dan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK PKPD) tahun 2011-2013 yang diperoleh dari World Bank-DIKTI.

Alhamdulillah, ditahun 2019 Program Studi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta :

  1. Progam Studi Pendidikan Dokter Terakreditasi A (SK No. 0498/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019, 0499/LAM-PT-Kes/Akr/Pro/IX/2019)
  2. Progam Studi Pendidikan Dokter Gigi Terakreditasi A (SK No. 0502/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019, 0503/Lam-PTKes/Akr/Pro/IX/2019)
  3. Program Studi Profesi Ners Terakreditasi A (SK No. 0515/Lam-PTKes/Akr/Sar/IX/2019, 0516/LAM-PTKEs/Akr/Pro/IX/2019)
  4. Program Studi Farmasi Terakreditasi B (SK No 0202/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2019, 0244/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2018)

 

VISI

Pada tahun 2025 menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang bertata kelola baik, berlandaskan nilai-nilai Islam, mampu bersaing di tingkat Nasional dan diakui di tingkat Internasional

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, pelayanan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kedokteran dan kesehatan dengan berbasis bukti
  2. Melaksanakan internalisasi dan integrasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan pendidikan, penelitian, pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kedokteran dan kesehatan
  3. Mengembangkan sivitas akademika untuk menjadi pribadi yang tangguh dan  berakhlakul-karimah
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri agar mampu bersaing secara Nasional dan diakui secara Internasional
  5. Mengembangkan Academic Health System (AHS) untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pendidikan, dan penelitian

TUJUAN

Tujuan Umum

Menjadi fakultas yang bertata kelola baik dalam menyelenggarakan tridharma pendidikan tinggi dibidang kedokteran dan kesehatan, sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dan ber -akhlakul karimah

Tujuan Khusus

  1. Menjadi penyelenggara pendidikan kedokteran dan kesehatan yang bertata kelola baik dan berbasis bukti
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten di di bidang kedokteran dan kesehatan untuk bersaing secara global dan ber-akhlakul-karimah

SASARAN

  1. Terwujudnya good governance dalam sistem manajemen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  2. Terwujudnya sumber daya manusia yang berkompeten dan menerapkan nilai jujur, amanah dan ikhlas
  3. Terwujudnya sarana dan prasarana yang menjamin sistem manajemen berjalan baik
  4. Pengembangan kapasitas institusi
  5. Terwujudnya kurikulum pembelajaran yang berbasis kompetensi dan bukti (evidence based) dengan pendekatan PBL
  6. Terwujudnya konsep kedokteran keluarga dalam kurikulum pendidik
  7. Terwujudnya penerapan nilai – nilai Islam dalam cara berfikir bersikap dan berperilaku civitas akademika
  8. Terwujudnya kegiatan pembelajaran yang berkualitas
  9. Terwujudnya sarana dan prasarana yang menjamin proses pembelajaran berjalan baik.
  10. Terwujudnya program unggulan fakultas

Perpustakaan
Perpustakaan

Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif.

Laboratorium komputer
Laboratorium komputer

Merupakan pusat fasilitas komputer mahasiswa untuk menunjang berbagai macam kegiatan mahasiswa

Laboratorium pendidikan agama islam
Laboratorium pendidikan agama islam

Salah satu program wajib di prodi pendidikan agama islam UMY adalah praktikum pendidikan agama islam